Inilah Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Standar ISO

Paket Umroh Ramadhan
Paket Umroh Ramadhan, Keunggulannya Serta Keisimewaan Umroh Di Bulan Ramadhan
10 Agustus 2019
harga kusen aluminium
Harga Kusen Aluminium Murah Terbaru
27 Mei 2018

Inilah Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Standar ISO

Pengertian standar iso 1

Pengertian standar iso – ISO diketahui sebagai sebuah badan yang menilai standar atau tidaknya sebuah perusahaan. Badan ini menilai apakah barang atau jasa berkualitas dan layak diperdagangkan. Banyak aspek yang dinilai oleh ISO, bahkan ia memiliki banyak jenis sertifikasi. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian standar ISO.

Pengertian standar iso

Pengertian Standar ISO

  1. Titik Tolak Dari Sebuah Sistem

Standar bisa dilihat seperti dasar atau aspek minimal yang dimiliki suatu hal. Dan bagi ISO, hal ini adalah kualitas produk barang atau jasa.

Jadi dari standar ISO ini, perusahaan bisa tahu bagaimana bentuk produk yang layak dan tidak. Standar kelayakan ini kemudian memunculkan standar lain misalnya untuk manajemen perusahaan, lingkungan, uji laboratorium dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan makanan ringan. Mungkin di awal pendiriannya ia hanya fokus dengan bagaimana membuat produk makanan yang enak dan murah dari bahan singkong.

Namun setelah mengenal standar dari ISO, mereka bisa mengetahui bagaimana kriteria makanan singkong yang enak, aman dan sehat untuk masyarakat. Berapa ukuran bahan maksimal yang boleh digunakan dalam produksi, dan lain sebagainya. Pada akhirnya melalui satu aspek standar mutu saja, makanan akan terproduksi dalam bentuk minimal yang tidak merugikan bagi produsen maupun konsumen.

  1. Menentukan Kriteria Produk Yang Baik

Produksi barang melibatkan banyak aspek dan proses yang panjang. Oleh karena itu, satu kesalahan saja bisa mengakibatkan kerusakan atau kerugian.

Dari standar ISO perusahaan bisa menentukan kriteria minimal produk yang dihasilkan. Misalnya ukuran skrup di alat elektronik.

Ini akan membuat barang yang dihasilkan bisa berintegrasi dengan perusahaan lain. Bayangkan jika perusahaan skrup tidak mengikuti patokan ukuran, maka ia akan kesulitan bekerja sama dengan perusahaan televisi, kendaraan, dan lain sebagainya.

  1. Menjadi Kerangka Atau Pedoman Pengembangan Program Perusahaan

Pengertian standar ISO lebih lanjut bisa juga digunakan sebagai dasar pengembangan program. Tujuannya tentu untuk mengarah ke manajemen perusahaan yang lebih baik.

Misalnya dari segi cara kerja karyawan, standar keselamatan kerja, standar keamanan alat, hingga pengaturan dokumen serta keuangan. Segala aspek dalam perusahaan dan pabrik sebenarnya sudah diatur dalam standar ISO.

Jika diikuti sejak awal pendiriannya, ISO akan membantu membangun perusahaan stabil dan efisien. Kemudian setelahnya, tugas utama dari perusahaan adalah mengikuti dan menjaga kualitas keseluruhan perusahaan hingga beberapa tahun mendatang.

  1. Dasar dari Arah Perkembangan Perusahaan

Terkait dengan poin sebelumnya, standar ISO juga berperan dalam perkembangan perusahaan. Standar bisa menjaga perusahaan agar tetap dalam kualitas yang baik.

Semakin besar perusahaan pimpinan pasti akan semakin sulit mengendalikan seluruh bagian perusahaan. Disinilah standar ISO berperan penting.

Dengan menggunakan ISO sebagai dasar pengembangan sistem, maka perusahaan akan lebih stabil. Sistem bekerja bagaikan karet.

Ketika karet mengikat suatu benda kemudian ditambah dengan benda lain, ia akan memuai dan menjaga benda tersebut tetap dalam jangkauannya. Standar ISO bekerja sedemikian rupa.

Alasannya tentu karena penyusunan standar ISO dilakukan oleh para pakar berpengalaman dan sudah melewati banyak pengujian. Mereka merumuskan sistem manajemen dalam perusahaan sesuai hasil penelitian yang diperoleh sebelumnya.

  1. Mengatur Segala Aspek Dalam Perusahaan

Standar ISO tak hanya mengatur hasil produksi. Namun ia juga terdiri dari banyak aspek yang bisa digunakan sebagai dasar untuk mengatur perusahaan.

Misalnya standar mutu, untuk menjaga kualitas produksi. Di dalamnya ada peraturan tentang bahan yang aman dan terlarang, kemudian mengatur jenis pengujian yang perlu dilakukan dan lain sebagainya.

Kemudian ISO terkait sistem manajemen lingkungan. Mengatur tentang bagaimana perusahaan memperlakukan alam di sekitar, masyarakat dan lingkungan dalam perusahaan itu sendiri.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Semua aspek dalam standar ISO terkait dengan kepentingan pemilik perusahaan dan konsumen. Pengertian standar ISO bukan hanya terkait lembaga pemberi sertifikat ISO saja, namun lebih kepada bagaimana peran ISO untuk perusahaan dan dunia.

Salam sukses – Spesialis Kusen Aluminium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
WhatsApp Butuh Bantuan? Chat Sekarang!